Jenazah di Toren, Tangsel kaget, ini dampak air minum tercemar jenazah

banner 468x60

TANGERANGNEWS.com- Baru-baru ini, warga Gang Samid Sian, RT03/01, Pondok Aren, Kota Tangsel (Tangsel) dihebohkan Senin 27 Mei 2024 lalu karena menemukan sesosok mayat membusuk di menara air salah satu rumah kontrakan.

Mayat yang ditemukan bengkak dan mengeluarkan bau busuk itu mencemari menara sehingga air di rumah kontrakan tampak keruh.

banner 336x280

Lalu apa akibatnya jika mengonsumsi air yang terkontaminasi mayat? Berikut penjelasannya.

Menurut Alodokter, makhluk hidup yang mati mengalami proses pembusukan akibat adanya bakteri di sistem pencernaan dan di kulit untuk menguraikan protein sehingga menghasilkan gas dan cairan berbau busuk.

Jika air tersebut terkontaminasi mayat, ada kemungkinan bakteri hasil proses pembusukan akan larut di dalam air, yang bila dikonsumsi dapat menyebabkan infeksi pada saluran pencernaan.

Beberapa penyakit seperti diare, kolera, disentri, tipus bahkan polio dapat menular melalui air yang terkontaminasi.

Berikut ciri-ciri air minum yang terkontaminasi menurut laporan Klik Dokter, Rabu 29 Mei 2024.

1. Baunya

Air minum yang terkontaminasi seringkali mempunyai bau yang tidak biasa, seperti bau busuk, bahan kimia (klorin), deterjen, atau asam. Jika Anda mencium bau tersebut, sebaiknya hentikan konsumsi airnya.

2. Berwarna-warni

Air yang terkontaminasi mungkin tampak keruh atau seperti susu. Air minum yang layak harus jernih dan transparan, tidak berwarna.

3. Kotor

Air yang tercemar mudah dikenali, namun terkadang partikel kecil memerlukan waktu untuk mengendap atau mengapung. Kotoran dapat berupa pasir, kerikil atau ijuk dari tumbuhan air.

4. Meninggalkan noda

Jika air meninggalkan noda pada kain, meja, atau wastafel, kemungkinan besar air tersebut terkontaminasi senyawa kimia atau logam berat.

5. Rasa yang khas

Air minum yang terkontaminasi mungkin terasa seperti logam, berpasir atau keras, atau seperti tanah/tanaman mentah. Ini juga merupakan tanda bahwa air tersebut tercemar.

6. Berbusa

Air minum yang mempunyai busa atau ciri-ciri lain dari biasanya sebaiknya tidak dikonsumsi.



Quoted From Many Source

banner 336x280

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *